Kemeriahan Oktoberfest/ foto childbraininjurytrust.org.uk

Oktoberfest; Festival Bir Terbesar di Jerman, Minum Sepuasnya

Eastjourneymag.com–Ingin minum bir sepuasnya? Oktoberfest adalah festival yang layak diikuti. Oktoberfest adalah festival minum bir terbesar dan paling terkenal di dunia yang diadakan setiap tahun di Munich, Jerman.

Acara ini telah menjadi magnet yang menarik jutaan pengunjung dari seluruh dunia. Mereka berbondong-bondong ke festival ini untuk menikmati bir Jerman yang terkenal. Selain itu dalam festival ini pengunjung juga menikmati berbagai makanan tradisional, musik, dan budaya Bavaria.

Bir menjadi pusat dalam festival ini, terutama bir buatan lokal yang disajikan dalam gelas besar yang disebut “Maßkrug.”

Selain itu, berbagai atraksi seperti parade kostum tradisional, pertunjukan musik, dan permainan karnaval akan memanjakan pengunjung.

Meski dikenal sebagai festival bir, Oktoberfest juga merayakan budaya dan tradisi Jerman.

Dari pakaian tradisional seperti lederhosen dan dirndl hingga makanan khas seperti pretzel dan bratwurst, setiap aspek dari Oktoberfest mencerminkan kekayaan budaya Jerman.

Suasana Oktoberfest/Foto: (AP Photo/Michael Probst)

Bermula dari Pesta pernikahan

Oktoberfest yang dirayakan tahunan hingga saat ini ternyata bermula dari pesta pernikahan. Menurut beberapa sumber, pernikahan Putra Mahkota Ludwig dari Bavaria dengan Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen pada tahun 1810 menjadi cikal bakal festival ini.

Pesta pernikahan yang meriah ini berlangsung selama lima hari di ladang di depan gerbang kota Munich, yang sekarang dikenal sebagai Theresienwiese atau “Padang Therese” untuk menghormati sang putri.

Dalam pesta pernikahan tersebut terdapat acara pacuan kuda yang saat itu berlangsung dengan sukses. Melihat kesuksesan acara ini, maka ditetapkan untuk diselenggarakan setiap tahun secara meriah.

Seiring berjalannya waktu, perayaan ini menjadi tradisi tahunan dan bir selalu disajikan dalam setiap kali acara yang saat ini dikenal dengan Oktoberfest. Pada abad ke-20 acara paduan kuda ditiadakan namun acara minum bir dipertahankan bahkan menjadi identitas Oktoberfest.

Kapan Oktoberfest Berlangsung

Oktoberfest biasanya dimulai pada akhir September dan berlangsung hingga awal Oktober, dengan durasi sekitar 16-18 hari.

Tidak ada tanggal yang pasti dan selalu berbeda setiap tahun. Namun festival ini selalu berakhir pada hari Minggu pertama di bulan Oktober.

Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati cuaca musim gugur sembari menikmati festival yang meriah ini.

Para pengunjung meramaikan Oktoberfest/ foto worldpackers.com

Menarik Pengunjung

Oktoberfest menarik berbagai kalangan pengunjung dari seluruh dunia.

Mulai dari penduduk lokal hingga turis internasional, semua orang datang untuk merasakan kemeriahan festival ini. Tercatat, pengunjung festival ini bisa mencapai 6 jutaan orang setiap tahunnya.

Selain itu, banyak keluarga, pasangan, dan kelompok teman yang merencanakan kunjungan mereka ke Munich khusus untuk menghadiri Oktoberfest.

Berbagai tenda bir yang besar juga menawarkan pengalaman yang berbeda, mulai dari suasana yang tenang dan santai hingga pesta yang penuh kegembiraan.

Menggunakan Bir Buatan Lokal

Salah satu daya tarik utama Oktoberfest adalah beragam bir buatan lokal yang disajikan selama festival. Ini juga menggambarkan tentang negara Jerman yang menjadi produsen bir terbesar di dunia saat ini.

Hanya enam pabrik bir dari Munich yang diizinkan untuk menyajikan bir di Oktoberfest, yaitu Augustiner, Hacker-Pschorr, Hofbräu, Löwenbräu, Paulaner, dan Spaten.

Bir ini diseduh khusus untuk festival dan memiliki kandungan alkohol yang sedikit lebih tinggi dibandingkan bir biasa.

Pengunjung dapat menikmati bir ini dalam gelas besar berukuran satu liter, yang menambah pengalaman unik dalam menikmati minuman tradisional Jerman.

Salah Satu Festival Terbesar di Jerman

Bir dalam Oktoberfest/foto New York Post

Oktoberfest di Munich adalah salah satu festival terbesar di Jerman dan di dunia saat ini.

Saking terkenalnya, lebih dari enam juta orang mengunjungi festival ini setiap tahunnya.

Tidak hanya menyajikan bir, festival ini juga menawarkan berbagai wahana, pertunjukan musik, dan parade yang menarik.

Saat memasuki pusat festival terdapat begitu banyak tenda bir, tempat duduk, dan fasilitas lainnya.

Penutup

Oktoberfest adalah festival yang menggabungkan tradisi, kebudayaan, dan kegembiraan dalam satu acara besar.

Dari asal usulnya yang sederhana sebagai perayaan pernikahan kerajaan, Oktoberfest telah berkembang menjadi simbol budaya Bavaria dan festival yang ditunggu-tunggu oleh jutaan orang setiap tahun.

Dengan bir buatan lokal yang lezat, makanan tradisional yang menggugah selera, dan suasana yang penuh semangat, Oktoberfest menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua pengunjung.

Bagi siapa pun yang mencari pengalaman yang unik dan meriah, Oktoberfest di Munich adalah pilihan yang sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Mengapa Bule atau Orang Eropa Jarang Mandi?
Tradisi Unik Suku Karen Next post Wanita Suku Karen Suka Memanjangkan Leher, Ini Maknanya