Logo Apple

Logo Apple yang Pertama, Tidak Terlihat Seperti Saat ini

Eastjourneymagz.com–Ketika kita membayangkan logo Apple, biasanya yang terlintas dalam pikiran adalah gambar apel dengan gigitan di salah satu sisinya, yang telah menjadi ikon global teknologi dan inovasi.

Namun, logo pertama Apple jauh berbeda dari desain sederhana dan modern yang kita kenal sekarang.

Logo asli Apple, yang dirancang pada tahun 1976 oleh salah satu pendiri perusahaan, Ronald Wayne, adalah ilustrasi rumit yang menggambarkan Sir Isaac Newton duduk di bawah pohon apel.

Dalam ilustrasi ini, Newton terlihat membaca sebuah buku dengan sebuah apel tergantung di atas kepalanya, yang merujuk pada momen legendaris ketika Newton menginspirasi hukum gravitasi setelah sebuah apel jatuh dari pohon.

Logo ini dilengkapi dengan bingkai dekoratif yang mengelilingi gambar, serta sebuah pita bergulir di bagian atas dan bawah bingkai.

Pada pita tersebut tertulis “Apple Computer Co.” di bagian atas, dan di bagian bawahnya terdapat kutipan yang berbunyi, “Newton… A Mind Forever Voyaging Through Strange Seas of Thought… Alone.”

macbook air near red book
Foto oleh energepic.com on Pexels.com

Kutipan ini diambil dari puisi karya William Wordsworth dan mencerminkan visi Apple sebagai perusahaan yang mengedepankan inovasi dan pemikiran maju.

Meskipun logo ini memiliki nilai artistik dan filosofis, logo tersebut dianggap terlalu rumit dan tidak efektif dalam merepresentasikan merek teknologi yang ingin sederhana dan modern.

Selain itu, logo ini sulit untuk dikenali dan diingat dengan cepat, yang merupakan salah satu elemen penting dalam branding.

Dalam waktu kurang dari setahun setelah peluncuran logo pertama, Apple memutuskan untuk mengubah logonya. Pada tahun 1977, logo baru yang dirancang oleh Rob Janoff diperkenalkan.

Logo ini adalah desain sederhana berupa gambar apel dengan gigitan di satu sisi dan dihiasi dengan warna-warna pelangi, yang melambangkan kemampuan Apple II dalam menampilkan grafis berwarna.

Gigitan pada apel tersebut juga berfungsi untuk memastikan bahwa buah tersebut tidak disalahartikan sebagai buah ceri.

Desain logo baru ini langsung mendapatkan sambutan positif dan berhasil menciptakan identitas visual yang kuat bagi Apple.

Logo ini mencerminkan filosofi Apple dalam menciptakan produk yang mudah digunakan dan diakses oleh semua orang, sekaligus menunjukkan inovasi dan kreativitas.

Sejak diperkenalkannya logo pelangi, Apple telah melakukan beberapa pembaruan pada desain logonya, termasuk versi monokromatik yang lebih minimalis dan elegan.

Namun, elemen inti dari logo tersebut, yaitu apel dengan gigitan, tetap dipertahankan dan telah menjadi simbol yang dikenali di seluruh dunia.

Logo pertama Apple yang rumit dengan ilustrasi Newton mungkin tidak bertahan lama.

Tetapi tetap menjadi bagian penting dari sejarah perusahaan dan menunjukkan awal mula perjalanan Apple menuju menjadi salah satu merek paling berpengaruh di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Heat Ledger Previous post Heat Ledger Pemeran The Jocker, Isolasi diri 6 Minggu di Motel Untuk dalami Perannya
Anime Next post Fun Fact: Enam Puluh Persen Animasi Dunia Adalah Anime