Scandal K-POP/ Foto Eastjourneymagz.com

5 Skandal Heboh Artis K-POP, dari Burning Sun hingga Pelecehan Yoochun

Eastjourneymagz.com–Industri hiburan Korea Selatan, atau K-pop, dikenal dengan citranya yang bersih dan profesionalisme yang tinggi.

Para artisnya disorot sebagai panutan dengan gaya hidup yang disiplin dan prestasi yang membanggakan.

Namun, di balik gemerlapnya panggung dan kesuksesan global, industri ini juga diwarnai oleh berbagai skandal yang menggemparkan.

Skandal-skandal ini tidak hanya mengejutkan penggemar di seluruh dunia, tetapi juga membawa dampak besar pada citra para artis dan perusahaan hiburan yang menaungi mereka.

Dari kasus kekerasan, pelecehan seksual, hingga manipulasi voting, skandal-skandal ini membuka sisi gelap dari industri yang begitu diidolakan banyak orang.

Setiap skandal menyoroti isu-isu mendalam yang perlu ditangani untuk menjaga integritas dan kesehatan mental para pelaku industri hiburan.

Berikut ini adalah lima skandal terbesar yang telah menggemparkan industri hiburan Korea, memengaruhi tidak hanya mereka yang terlibat, tetapi juga keseluruhan ekosistem hiburan di negeri ginseng tersebut.

1. Skandal Burning Sun

Skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri/ Foto Istimewah
Skandal Burning Sun yang melibatkan Seungri/ Foto Istimewah

Skandal Burning Sun adalah salah satu skandal terbesar yang pernah terjadi di industri K-pop.

Pada tahun 2019, klub malam Burning Sun di Seoul menjadi pusat perhatian setelah munculnya laporan tentang kekerasan, narkoba, dan pelecehan seksual.

Skandal ini semakin besar ketika nama Seungri, mantan anggota boy group Big Bang, dikaitkan dengan kasus tersebut.

Investigasi lebih lanjut mengungkap adanya jaringan prostitusi dan korupsi yang melibatkan beberapa selebriti dan pejabat polisi.

Skandal ini tidak hanya menghancurkan karier Seungri tetapi juga merusak citra YG Entertainment, agensi besar yang menaungi Big Bang.

Skandal ini membuka mata publik tentang sisi gelap industri hiburan Korea dan mendorong seruan untuk reformasi besar-besaran dalam sistem hukum dan kepolisian di negara tersebut.

2. Skandal Kasus Chatroom

Skandal Kasus Chatroom yang melibatkan Jung Joon-young (REUTERS/KIM HONG-JI)
Skandal Kasus Chatroom yang melibatkan Jung Joon-young (REUTERS/KIM HONG-JI)

Bersamaan dengan skandal Burning Sun, kasus chatroom juga menghebohkan industri K-pop.

Dalam kasus ini, beberapa selebriti pria, termasuk Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon, terlibat dalam grup chat yang berbagi video seks ilegal tanpa persetujuan.

Jung Joon-young bahkan mengakui bahwa dia diam-diam merekam dan membagikan video tersebut kepada teman-temannya.

Kasus ini mengejutkan publik karena keterlibatan beberapa bintang terkenal dan memperlihatkan sisi gelap dari privasi dan pelecehan seksual di kalangan selebriti.

Kasus ini menyebabkan penangkapan dan penuntutan terhadap mereka yang terlibat, serta memicu perdebatan tentang perlindungan privasi dan hak perempuan di Korea Selatan.

3. Kasus Pembullyan AOA

Kwon Mina, mantan anggota girl group AOA/ Foto istimewah
Kwon Mina, mantan anggota girl group AOA/ Foto istimewah

Pada tahun 2020, Kwon Mina, mantan anggota girl group AOA, mengungkapkan melalui media sosial bahwa dia telah menjadi korban perundungan selama bertahun-tahun oleh Jimin, leader AOA.

Mina mengungkapkan detail perundungan yang menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius, termasuk depresi dan percobaan bunuh diri.

Pengakuan Mina menggemparkan industri K-pop dan memicu dukungan besar dari penggemar serta masyarakat.

Jimin kemudian mengundurkan diri dari AOA dan pensiun dari industri hiburan.

Skandal ini membuka diskusi tentang perundungan di tempat kerja dan kesehatan mental di kalangan selebriti.

4. Kasus Manipulasi Voting “Produce 101”

Foto Kasus Manipulasi Voting "Produce 101"/ Foto istimewah
Foto Kasus Manipulasi Voting “Produce 101″/ Foto istimewah

Seri program survival “Produce 101” yang sangat populer di Korea Selatan terlibat dalam skandal manipulasi voting yang besar.

Pada tahun 2019, produser acara tersebut ditangkap dan diadili karena memanipulasi hasil voting untuk menentukan anggota grup proyek akhir.

Skandal ini mengecewakan banyak penggemar yang telah menghabiskan waktu dan uang untuk mendukung peserta favorit mereka.

Selain itu, skandal ini merusak reputasi program dan Mnet, saluran televisi yang menyiarkan acara tersebut.

Beberapa grup hasil dari acara ini juga terkena dampaknya, dengan beberapa anggota yang seharusnya tidak lolos akhirnya dikeluarkan dari grup.

5. Kasus Skandal Seksual Yoochun

Kasus Skandal Seksual Yoochun/ Foto istimewah

Mantan anggota TVXQ dan JYJ, Park Yoochun, terlibat dalam beberapa kasus tuduhan pelecehan seksual.

Pada tahun 2016, Yoochun dituduh oleh beberapa wanita atas tuduhan pelecehan seksual yang diduga terjadi di bar-bar hiburan dewasa.

Meskipun akhirnya dibebaskan dari semua tuduhan, skandal ini merusak citra dan karier Yoochun secara signifikan.

Pada tahun 2019, Yoochun kembali menjadi pusat perhatian setelah terlibat dalam kasus narkoba bersama mantan tunangannya.

Dia kemudian mengumumkan pensiun dari industri hiburan setelah mengakui penggunaan narkoba. Skandal ini menunjukkan bagaimana masalah pribadi selebriti dapat mempengaruhi karier mereka secara drastis.

Skandal-skandal ini menunjukkan bahwa di balik kilauan industri hiburan Korea, terdapat banyak masalah serius yang perlu diatasi.

Dari pelecehan seksual hingga manipulasi dan perundungan, setiap skandal membawa dampak besar pada individu yang terlibat serta industri secara keseluruhan.

Mereka juga menjadi pengingat penting tentang pentingnya etika, transparansi, dan kesejahteraan dalam industri yang sangat kompetitif ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara mengatasi silent treatment dari pasangan/ Foto eastjourneymagz.com Previous post Sering Didiami Pasangan, Ketahui Apa Itu Silent Treatment
Tombol power HP/ Foto eastjourneymagz.com Next post Jangan Panik, Ini Cara Perbaiki Tombol Power HP yang Tenggelam