Geopark akan Menjadi Wisata Unggulan di Sumatera Barat

Eastjourneymagz.com– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan program unggulan yang akan dikembangkan di Sumatra Barat adalah geopark. Hal itu diungkapkan Sandiaga saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat pada hari ini, Kamis (22/4/2021).

Menurut Sandiaga Bukittinggi sebagai destinasi unggulan dan juga menjadi salah satu tulang punggung untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatra Barat. Karena itu kata Sandiaga sektor pariwisata akan terus dibangun sesuai dengan tren terbaru pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Bagaimana pariwisata bisa membuka peluang usaha untuk membangkitkan ekonomi kita dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Sandiaga.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengungkapkan, Sumatra Barat memiliki tujuh geopark dimana tiga diantaranya sudah berstatus geopark nasional.

“Dengan keberadaan geopark series ini bisa menjadi potensi untuk dilakukan penyelenggaraan event seperti sport tourism,” kata dia.

Geopark sendiri merupakan sebuah kawasan bentang panorama alam yang memiliki unsur sifat kebumian istimewa, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya.

Ia menambahkan sektor pariwisata merupakan unggulan di wilayahnya tersebut. Ia berharap dengan kehadiran menteri Sandiaga akan mendongkrak sektor wisata di Bukittinggi yang selama ini dihantam oleh Covid-19.

“Bukittinggi PDRB-nya (Produk Domestik Regional Bruto) paling tinggi adalah dari sektor pariwisata yang dalam satu tahun belakangan terhantam. Kita harapkan dengan semangat dari Pak Menteri bisa kembali menggeliatkan pariwisata di Bukittinggi dan Sumatra Barat pada umumnya,” kata Audy Joinaldy.

Sementara Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengatakan pihaknya tengah mencoba untuk mengembangkan wisata MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) sebagai salah satu kekuatan untuk menarik wisatawan.

“Kedatangan Menparekraf dapat menjadi semangat atau simbol bahwa Bukittinggi akan menjadi perhatian serius dari pemerintah untuk dikembangkan sebagai objek wisata atau ekonomi kreatif, lalu dioptimalisasi dengan program-program sentuhan pemerintah pusat,” kata Erman Safar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Jam Gadang di Bukittinggi, Sumbar Akan Dilengkapi Tekhnologi VR dan AR
Next post Keseruan Berlibur di Lagoi Bay Pulau Bintan