selective focus photography of octopus

Fun Fact: Gurita Memiliki Tiga Hati, Ini Fungsinya Masing-Masing

Eastjourneymagz.com–Gurita adalah makhluk laut yang sangat menarik dengan banyak keunikan, salah satunya adalah memiliki tiga hati.

Fakta ini mungkin terdengar aneh bagi kebanyakan orang, tetapi setiap hati pada gurita memiliki fungsi spesifik yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Dua dari tiga hati gurita bekerja untuk memompa darah melalui insang, di mana darah tersebut dioksigenasi.

Ini berarti bahwa darah yang melewati insang akan mengambil oksigen dari air laut, yang kemudian dapat digunakan oleh tubuh gurita untuk berbagai fungsi metabolisme.

Kedua hati ini terletak di sisi tubuh gurita dan bertanggung jawab penuh atas proses pernapasan.

Karena gurita adalah makhluk yang sangat aktif, terutama saat berburu atau menghindari predator, keberadaan dua hati ini memastikan bahwa tubuh mereka selalu memiliki suplai oksigen yang cukup.

octopus in the water near the coral reefs
Foto oleh Ann Antonova on Pexels.com

Sementara itu, hati ketiga memiliki tugas yang berbeda. Hati ini memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh gurita.

Hal ini sangat penting untuk mendukung fungsi organ dan jaringan lainnya.

Fungsi hati ketiga ini mirip dengan fungsi jantung pada manusia, yang juga bertugas untuk mendistribusikan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Namun, pada gurita, darah mereka mengandung hemocyanin, sebuah protein yang mengandung tembaga untuk mengikat oksigen, bukan hemoglobin yang mengandung besi seperti pada manusia.

Hemocyanin kurang efisien dibandingkan hemoglobin dalam mengikat oksigen, yang menjelaskan mengapa gurita membutuhkan tiga hati untuk memastikan cukupnya pasokan oksigen dalam tubuh mereka.

Selain memiliki tiga hati, gurita juga memiliki sistem sirkulasi darah tertutup yang sangat efisien.

Darah mereka biasanya berwarna biru karena keberadaan hemocyanin, yang berfungsi optimal dalam kondisi air dingin dan rendah oksigen.

Ini membantu gurita bertahan hidup di lingkungan laut yang bervariasi, dari laut dangkal hingga kedalaman laut yang gelap dan dingin.

Keunikan anatomi gurita ini mencerminkan adaptasi luar biasa yang mereka miliki untuk bertahan hidup di habitat laut yang beragam.

Dengan tiga hati dan darah biru yang kaya hemocyanin, gurita mampu menavigasi dan berkembang di lingkungan laut yang keras dan sering kali tidak terduga.

Kecerdasan dan kemampuan mereka untuk mengubah warna serta tekstur tubuh juga membuat mereka menjadi predator yang sangat efektif, serta ahli dalam bersembunyi dari musuh.

Pengetahuan tentang sistem peredaran darah gurita tidak hanya menarik dari perspektif biologi, tetapi juga memberikan wawasan tentang bagaimana makhluk hidup dapat mengembangkan berbagai adaptasi unik untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Gurita, dengan tiga hati mereka, adalah contoh yang menakjubkan dari keanekaragaman hayati laut dan kemampuan adaptasi yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cas handphone Previous post Cara Cas Handphone Yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Rusak
Ilustrasi Cleopatra Next post Cleopatra Ternyata Bukan dari Mesir