Mengapa HP selalu dinonaktifkan atau mode pesawat saat penerbangan

Eastjourneymagz.com–HP (handphone) atau perangkat elektronik lainnya biasanya harus dinonaktifkan atau diatur ke mode pesawat selama penerbangan karena beberapa alasan keamanan dan operasional.

Mengatur handphone ke mode pesawat atau menonaktifkan perangkat elektronik selama penerbangan adalah langkah penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan semua penumpang serta awak pesawat.

Tindakan ini mencegah kemungkinan interferensi dengan sistem kritis pesawat, memastikan bahwa penumpang tetap fokus pada instruksi keselamatan, dan mematuhi regulasi penerbangan yang ketat.

Meskipun teknologi terus berkembang untuk mengurangi risiko ini, kepatuhan terhadap aturan keselamatan penerbangan tetap menjadi prioritas utama.

Berikut penjelasan mendetail mengenai mengapa tindakan ini penting:

1. Interferensi Elektronik

a. Gangguan pada Sistem Navigasi dan Komunikasi

Perangkat elektronik, termasuk handphone, memancarkan sinyal elektromagnetik yang dapat mengganggu komunikasi radio dan sistem navigasi pesawat. Meskipun pesawat modern dilengkapi dengan perisai yang baik terhadap interferensi elektronik, gangguan tetap bisa terjadi, terutama pada saat kritis seperti lepas landas dan mendarat.

b. Keselamatan Penerbangan

Gangguan pada sistem navigasi dan komunikasi bisa menyebabkan kesalahan dalam pengambilan data dan komunikasi antara pilot dan menara pengawas. Ini bisa berakibat fatal dalam skenario tertentu di mana informasi akurat sangat penting untuk keselamatan penerbangan.

2. Fokus dan Kewaspadaan Penumpang

a. Instruksi Keselamatan

Saat lepas landas dan mendarat, kru kabin memberikan instruksi keselamatan yang penting. Penggunaan handphone dan perangkat elektronik dapat mengalihkan perhatian penumpang dari instruksi ini. Penumpang yang tidak memperhatikan bisa kehilangan informasi penting yang diperlukan dalam keadaan darurat.

b. Respons Cepat dalam Keadaan Darurat

Dalam situasi darurat, semua penumpang diharapkan untuk merespons dengan cepat dan mengikuti instruksi awak kabin tanpa gangguan. Penggunaan perangkat elektronik dapat menghalangi respons cepat dan tepat dari penumpang.

3. Kepatuhan terhadap Regulasi

a. Peraturan Penerbangan Internasional

Banyak badan pengatur penerbangan internasional, seperti FAA (Federal Aviation Administration) di Amerika Serikat dan EASA (European Union Aviation Safety Agency) di Eropa, memiliki aturan ketat mengenai penggunaan perangkat elektronik selama penerbangan. Maskapai penerbangan harus mematuhi regulasi ini untuk memastikan standar keselamatan yang tinggi.

b. Kebijakan Maskapai

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan sendiri mengenai penggunaan perangkat elektronik selama penerbangan. Kebijakan ini didasarkan pada pedoman keselamatan dan regulasi yang berlaku.

4. Teknologi Pesawat

a. Pesawat Modern

Pesawat modern semakin dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengurangi risiko interferensi dari perangkat elektronik. Namun, hingga teknologi ini sepenuhnya aman dan teruji, praktik standar masih melibatkan pengaturan perangkat ke mode pesawat.

b. Mode Pesawat

Mode pesawat pada perangkat elektronik menonaktifkan semua sinyal komunikasi, termasuk Wi-Fi, Bluetooth, dan seluler. Ini memungkinkan penumpang untuk tetap menggunakan perangkat mereka untuk fungsi-fungsi non-komunikasi, seperti mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game, tanpa risiko interferensi dengan sistem pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 2 Cara Menggunakan ChatGPT di HP lewat Situs dan Aplikasi
Next post Pesona Wae Rebo, Kampung di Atas Awan: Permata Tersembunyi di Flores