Ilustrasi Whatsapp/ Eastjourneymagz.com

Tetap Waspada, Ini Ciri-ciri WhatsApp Anda Sedang Disadap

Eastjourneymagz.com–WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, dengan miliaran pengguna aktif setiap harinya.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan komunikasi, mulai dari pesan teks, panggilan suara, panggilan video, hingga berbagi media.

Namun, dengan popularitasnya yang tinggi, WhatsApp juga menjadi target empuk bagi para peretas yang mencoba mencuri data pribadi pengguna atau mengakses informasi sensitif.

Menyadari tanda-tanda bahwa WhatsApp Anda mungkin sedang disadap sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi Anda.

Mendeteksi apakah WhatsApp Anda sedang disadap tidak selalu mudah, karena metode yang digunakan oleh peretas bisa sangat canggih dan sulit terdeteksi.

Mereka mungkin menggunakan perangkat lunak spyware, atau memanfaatkan kelemahan keamanan untuk mendapatkan akses tanpa sepengetahuan Anda.

Ketika WhatsApp Anda disadap, data pribadi Anda, termasuk pesan, foto, dan informasi penting lainnya, dapat dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, penting untuk memahami ciri-ciri bahwa WhatsApp Anda sedang disadap agar dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Artikel ini akan membahas beberapa ciri umum yang dapat menunjukkan bahwa WhatsApp Anda sedang disadap.

Dengan mengetahui tanda-tanda ini, Anda dapat lebih waspada dan segera mengambil langkah untuk melindungi diri Anda dari ancaman keamanan.

Jika Anda mencurigai bahwa WhatsApp Anda sedang disadap, segera lakukan tindakan untuk memulihkan keamanan akun Anda dan melindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan.

Ilustrasi aplikasi WhatsApp

Aktivitas Tidak Dikenal pada Akun WhatsApp

Salah satu ciri bahwa WhatsApp Anda mungkin sedang disadap adalah adanya aktivitas tidak dikenal pada akun Anda.

Jika Anda melihat pesan yang terkirim atau diterima yang tidak Anda kirim atau terima, ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki akses ke akun Anda.

Selain itu, jika ada perubahan pada pengaturan akun Anda, seperti foto profil atau status yang berubah tanpa sepengetahuan Anda, ini juga bisa menjadi indikasi bahwa akun Anda telah disadap.

Aktivitas tidak dikenal ini bisa terjadi karena peretas telah mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda melalui perangkat lain.

Mereka mungkin menggunakan teknik phishing untuk mencuri kredensial login Anda, atau memasang spyware pada perangkat Anda yang memungkinkan mereka mengontrol akun Anda dari jarak jauh.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera ubah kata sandi akun WhatsApp Anda dan periksa perangkat yang terhubung untuk memastikan tidak ada perangkat asing yang memiliki akses.

Baterai Cepat Habis dan Penggunaan Data Meningkat

Ciri lain yang dapat menunjukkan bahwa WhatsApp Anda sedang disadap adalah baterai yang cepat habis dan penggunaan data yang meningkat secara tidak wajar.

Aplikasi spyware yang berjalan di latar belakang untuk memonitor aktivitas WhatsApp Anda biasanya memakan banyak daya dan data.

Jika Anda memperhatikan bahwa baterai perangkat Anda cepat habis meskipun Anda tidak banyak menggunakan ponsel, ini bisa menjadi tanda adanya aplikasi yang mencurigakan berjalan di latar belakang.

Selain itu, perhatikan penggunaan data internet Anda. Jika Anda melihat lonjakan penggunaan data yang tidak biasa pada perangkat Anda, ini bisa menjadi indikasi bahwa aplikasi spyware sedang mengirimkan data dari perangkat Anda ke server peretas.

Untuk memeriksa hal ini, Anda dapat memantau penggunaan data melalui pengaturan ponsel Anda dan mencari tahu aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak.

Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera lakukan pemindaian keamanan pada perangkat Anda.

Performa Ponsel Menurun

Performa ponsel yang menurun secara tiba-tiba juga bisa menjadi tanda bahwa WhatsApp Anda sedang disadap.

Aplikasi spyware yang berjalan di latar belakang biasanya membutuhkan sumber daya yang signifikan, yang dapat memperlambat kinerja perangkat Anda.

Jika ponsel Anda mulai lag, sering hang, atau berjalan lebih lambat dari biasanya tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada aplikasi jahat yang mengakses data WhatsApp Anda.

Periksa aplikasi yang sedang berjalan dan penggunaan CPU di perangkat Anda untuk melihat apakah ada aktivitas yang mencurigakan.

Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak dikenali atau penggunaan CPU yang tinggi tanpa alasan yang jelas, segera hapus aplikasi yang mencurigakan tersebut dan lakukan pemindaian keamanan untuk memastikan perangkat Anda bebas dari malware atau spyware.

Masuk dari Perangkat Tidak Dikenal

Jika Anda menerima notifikasi bahwa WhatsApp Anda telah diakses dari perangkat yang tidak Anda kenali, ini adalah tanda jelas bahwa akun Anda mungkin sedang disadap.

WhatsApp akan mengirimkan notifikasi ketika akun Anda diakses dari perangkat baru.

Jika Anda tidak mengenali perangkat tersebut, ini berarti seseorang telah mendapatkan akses ke akun Anda tanpa izin.

Untuk memeriksa perangkat yang terhubung, buka WhatsApp Web/Desktop di aplikasi WhatsApp Anda dan lihat daftar sesi aktif.

Jika ada perangkat yang tidak Anda kenali, segera keluar dari semua sesi dan ubah kata sandi akun Anda.

Selain itu, aktifkan verifikasi dua langkah untuk menambah lapisan keamanan ekstra pada akun Anda.

Pesan Terbaca tanpa Dibuka

Ciri lain yang dapat menunjukkan bahwa WhatsApp Anda sedang disadap adalah pesan yang sudah terbaca tanpa Anda membukanya.

Jika Anda melihat tanda centang biru (yang menunjukkan bahwa pesan telah dibaca) pada pesan yang belum Anda buka, ini bisa menjadi indikasi bahwa seseorang telah membaca pesan Anda dari perangkat lain.

Hal ini dapat terjadi jika peretas memiliki akses ke akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web atau aplikasi kloning.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera keluar dari semua sesi WhatsApp Web yang tidak Anda kenali dan periksa pengaturan keamanan akun Anda.

Pastikan untuk juga mengubah kata sandi akun Anda dan mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah.

Notifikasi Keamanan dari WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur keamanan yang akan mengirimkan notifikasi jika ada aktivitas mencurigakan terdeteksi pada akun Anda.

Jika Anda menerima pesan dari WhatsApp yang memberitahukan bahwa nomor telepon Anda telah didaftarkan pada perangkat lain atau ada upaya masuk yang tidak berhasil, ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang mencoba menyadap akun Anda.

Jika Anda menerima notifikasi semacam ini, segera periksa pengaturan keamanan akun Anda dan pastikan tidak ada perangkat yang tidak dikenal terhubung.

Ubah kata sandi akun Anda dan aktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk menambah keamanan. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat melindungi akun WhatsApp Anda dari upaya penyadapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilustrasi penggunaan akun alter Previous post Apa itu Akun Alter? Apa tujuannya?
2 Factor Authentication Next post Apa Sebenarnya Fungsi 2 Factor Authentication (2FA) atau Verifikasi Dua Langkah?