WALHI Mengecam Sekelompok Masa Meneriakan Pembubaran KASBI

KASBI Menolak Omnibus Law/Foto Spesial

Eastjourneymagz.com-Berita yang memuat “Kantor Sekretariat KASBI Didemo Orang Tak Dikenal” yang dilansir Tempo tanggal 17 Februari 2020 menyebutkan sekelompok orang tak dikenal menggelar demonstrasi di depan Sekretariat Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) di jalan Cipinang, Kebembem, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Ketua Umum KASBI Nining Elitos membenarkan kejadian yang ditulis Tempo tersebut, menurutnya sekelompok orang yang datang membakar ban sambil berorasi soal Omnibus Law. Menurutnya “tak ada pemberitahuan sebelumnya, tiba-tiba demo.”

Nining juga menjelaskan kalau kelompok orang itu menyampaikan dukungannya terhadap Omnibus Law RUU Cipta Lapangan Kerja. Mereka juga meneriakan pembubaran KASBI.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Nur Hidayati menyampaikan kecamannya terhadap teror yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal tersebut. Selain itu, dia menambahkan tindakan tersebut adalah bentuk pengabaian terhadap demokrasi yang menjunjung kebebasan berpendapat dan berekspresi. Teror pembubaran terhadap KASBI yang diteriakan oleh pendemo adalah salah satu bentuknya.

Lebih lanjut menurut Nur Hidayati, “Omnibus Law” yang sejak awal prosesnya hanya melibatkan segelintir elit dan dikomandani unsur pengusaha benar-benar menghilangkan hak mendasar warga negara, yaitu hak untuk mengetahui semua kebijakan yang akan mempengaruhi kehidupannya, serta terlibat secara aktif dan bermakna dalam proses penyusunannya. Ini adalah langkah mundur yang luar biasa dalam kehidupan demokrasi negara kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Laut Indonesia Kedua Terkotor Dunia, Sampah Harus Mengalami Penurunan yang Progresif
Next post Wisata Labuan Bajo Sebagai Destinasi Superprioritas Dipromosikan di International Fair of Tourism Serbia