Intip Kekompakan Keluarga Megawati Memakai “Songke” Kain adat Khas Manggarai NTT

Eastjourneymagz.comTenunan Manggarai, NTT atau Songke menjadi sorotan warganet di tengah lebaran berlangsung. Bagaimana tidak, tenunan karya perempuan Manggarai ini secara kompak dikenakan oleh keluarga besar Presiden Indonesia ke 5 Megawati Soekarnoputri.

Foto ini diunggah di Instagram pribadi pribadi putrinya yang saat ini menjabat Ketua DPR RI, Puan Maharani, @Puanmaharaniri. Dalam foto tersebut ia duduk paling depan bersama ibunya sedang asyik mengikuti acara keluarga dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1441 H.

“Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1441 H. Lebaran kali ini dalam suasana covid 19. Kami hanya berkumpul bersama keluarga inti dan silaturahmi dengan keluarga besar dilakukan dengan video conference. Walau jarak memisahkan kita namun kebersamaan tetap selalu di hati, #maaflahirdanbatin,” tulis Puan di akun IG nya.

Saat tulisan ini diturunkan foto tersebut telah disukai sebanyak 14.828 kali. Beberapa komentar menyoroti keluarga ketua umum Partai Banteng tersebut yang kompak mengenakan songke Manggarai dalam foto ini.

Akun @Patricebanggut misalnya “Selamat Hari Raya Idul Fitri Ibu Mega, mbak Puan dan seluruh keluarga. Wah, senang sekali ketika ketika melihat #kain Songke Manggarai-NTT dipakai oleh orang2 no 1 di Negeri tercinta ini. Terima kasih sudah mempwrkenalkan kain khas kami,” tulis akun itu.

Sementara akun @83.194711, “Mohon maaf lahir batin bu Puan, oiya bu, maaf sepertinya kain yang dipakai oleh ibu dan ibu Mega adalah kain songke Manggarai, Flores, NTT. Maaf kalau salah ya bu.”

Akun hele.n1210 dengan singkat mengatakan “Kain tenun Manggarai NTT.”

Kain tenun Manggarai NTT merupakan karya perempuan Manggarai. Masyarakat Manggarai menyebutnya dalam beberapa nama seperti Songke atau Lipa Songke, Towe dan Nae.

Lipa Songke ini juga terdapat beberapa motif yakni Songke Cibal atau Lipa Cibal dengan ciri khas hitam dengan motif bunga-bunga seperti yang dipakai Megawati sekeluarga. Songke Todo atau Lipa Todo dengan ciri khas warna merah. Selain itu terdapat Songke Lambaleda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Lima Hal yang Kamu Temukan Saat Berkunjung ke Candi Borobudur Nantinya, Jangan Panik
Next post Ini Deretan Perempuan Istana yang Mengenakan Kain Tenun Manggarai